HORE!! DANA BANTUAN PKH LANGSUNG DITRANSFER KE REKENING

Girirejo (06/03/2018) – Dana Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan ( PKH ) tahap pertama untuk 10 juta keluarga di Indonesia dapat dicairkan mulai bulan Februari 2018 . Untuk wilayah Desa Girirejo, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri dana bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dicairkan hari ini. Pencairan dana PKH ini diberikan kepada 60 keluarga. Pencairan diadakan di Ruang PKK Desa Girirejo. Diharapkan penerima manfaat PKH tersebut benar – benar memanfaatkan dana tersebut untuk digunakan keperluan anak sekolah dan tambahan gizi anak serta ibu hamil jangan digunakan untuk keperluan yang tidak bermanfaat seperti dipakai untuk membeli pulsa dan rokok.

Diketahui jumlah dana PKH yang diterima satu keluarga penerima manfaat, yakni sebesar Rp.500.000,- untuk tahap pertama. Penerimaan dana PKH ini ditransfer langsung ke nomor rekening penerima. Menteri sosial Khofifah Indar Parawansa pun berharap pemerintah daerah turut berperan aktif dalam mengawasi pelaksanaan seluruh program bantuan sosial pemerintah, mulai dari PKH, bantuan Pangan Non tunai ( BPNT ) dan bantuan sosial pangan.

Tujuan akhir yang akan dicapai Kementerian Sosial tahun 2015-2019 melalui penyelenggaraan kesejahteraan sosial, adalah :
1. Meningkatkan kemampuan penduduk dalam memenuhi kebutuhan dasar.
2. Terpenuhinya hak dasar dan inklusivitas bagi penduduk miskin dan rentan, penyandang disabilitas dan kelompok marjinal lainnya.
3. Meningkatkan kualitas manajemen dan pengelolaan penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Program PKH adalah program perlindungan sosial melalui pemberian uang tunai kepada rumah tangga sangat miskin ( RTSM ) yang memiliki ibu hamil/nifas/menyusui dan atau memiliki anak balita atau anak usia 5-7 tahun yang belum masuk pendidikan SD, dan atau memiliki anak usia SD dan atau SMP dan atau anak usia 15-18 tahun yang belum menyelesaikan pendidikan dasar.

Peserta PKH akan menerima bantuan apabila menyekolahkan anaknya dengan tingkat kehadiran tertentu, memeriksa kesehatan dan atau memperhatikan kecukupan gizi dan pola hidup sehat anak dan ibu hamil. Tujuan PKH ini untuk mengurangi angka dan memutus rantai kemiskinan, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta mengubah perilaku yang kurang mendukung peningkatan kesejahteraan dari kelompok paling miskin. ( yusuf: 2018)

Facebook Comments

1 Trackback / Pingback

  1. VALIDASI DATA PENAMBAHAN KUOTA PKH – desa girirejo

Tinggalkan Balasan