BETERNAK LELE, BISNIS MURAH YANG MENJANJIKAN

Girirejo (06/02/2018) – Budidaya lele baru-baru ini sedang booming di Girirejo. Masyarakat Girirejo berlomba-lomba mencoba beternak lele. Pada dasarnya budidaya lele tergolong sangat mudah. Karena lele tidak terlalu memerlukan air bersih dan bisa dibudidaya di tempat dengan air yang terbatas. Alasan yang lain, warga Girirejo beternak lele karena mereka menganggap ternak lele lebih mudah daripada ternak yang lain (kambing, sapi, dll) karena tidak harus mencarikan pakan, cukup dikasih pelet (pakan ikan).

Apalagi saat ini di Tirtomoyo ada sebuah pemancingan lele yang setiap minggunya bisa membutuhkan lele lebih dari 100 kg sehingga secara otomatis kebutuhan lele di wilayah Kecamatan Tirtomoyo semakin meningkat. Itu belum termasuk kebutuhan lele untuk konsumsi warga. Karena itulah bisnis ternak lele semakin diminati warga, terutama warga Girirejo.Selain untuk bisnis, warga beternak lele juga untuk konsumsi sendiri.

Metode beternak lele yang dilakukan warga girirejo bervariasi. Yang memiliki dana berlebih membuat kolam lele permanen dengan menggunakan batako. Yang tempatnya terbatas menggunakan gorong-gorong diameter 1 meter untuk kolam. Ada juga yang beternak lele dengan menggunakan media terpal.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan